Halaman

Rabu, 09 Februari 2011

Tips ketika mau bertemu, sedang bertemu dan setelah bertemu dosen PA


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi tentang beberapa cara atau yang lebih tepatnya di sebut tips tentang bagaimana cara sebelum, ketika, dan setelah kita ketemu dosen PA (Pembimbing Akademik), berhubung sekarang kita sudah masuk awal perkuliahan atau semester baru,,,,hhe ^_^

Berikut beberapa tips ketika kita mau, sedang dan setelah ketemu dosen PA :

Sebelum bertemu

1. Hubungi / telpon terlebih dahulu yang bersangkutan. Tanya kapan bisa di temui (jam berapa dan dimana bisa di temui)

2. Kalau sudah dapat kepastian dari Dosennya, hubungi teman-teman yang lain agar tidak miss communication.

3. Harus sudah datang 30 menit dari waktu yang telah disepakati (Jangan sampai telat).

4. Pakailah pakaian yang sesuai dengan ketentuan perkuliahan (pakai baju kemeja dan pakai sepatu) dan jangan sekali-kali memakai kaos oblong atau pakai sendal jepit. dan rambut harus rapi

Ketika bertemu

1. Ketuk pintu dan mengucapkan salam sebelum masuk (apabila di ruangan), apabila tidak di ruangan cukup ucapkan salam saja dan jangan lupa bersalaman.

2. Jangan duduk sebelum dipersilahkan untuk duduk. Karena kesannya kurang sopan kalau kita sudah duduk duluan tanpa dipersilahkan untuk duduk.

3. Usahakan kita yang memulai pembicaraan. Gunakan bahasa yang sopan dengan nada yang tidak seperti orang berteriak-teriak.

4. Sediakan alat yang akan dipergunakan (contohnya : sediakan pena kalau kita mau minta tanda tangan). Jangan sampai memakai pena beliau karena kesannya kita seperti mahasiswa yang malas.

5. Dengarkan dengan seksama apa yang beliau bicarakan. Jangan bersikap acuh tak acuh. Apalagi sampai memotong pembicaraannya.

6. Bertanya apabila ada yang kurang kita mengerti. Tapi jangan terlalu banyak bertanya apalagi tentang persoalan yang sama karena kesannya kita seperti orang yang TELMI (telat mikir).

7. Apabila keperluan telah selesai, maka bersegeralah untuk keluar ruangan jangan berlama-lama. Karena mungkin beliau masih ada pekerjaan lain yang harus di selasaikan.

8. Keluar dengan mengucapkan salam dan menutup pintu (apabila dalam ruangan), kalau tidak di ruangan ucapkan kata-kata "maaf pak telah mengganggu waktu bapak dan terima kasih atas kesediaan bapak menemui kami" setelah itu baru ucapkan salam.

Setelah bertemu

Apabila kita minta tanda tangan tetapi di titipkan, jangan lupa telpon kembali dosen kita kapan file atau dokumen kita tersebut bisa di ambil.


Inilah sedikit tips dari saya tentang bagaimana tata cara ketika kita mau bertemu, sedang bertemu dan setelah bertemu dosen PA

Semoga tips ini bermanfaat,,, ^_^

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar