Halaman

Minggu, 06 Februari 2011

Sea Games ke 26 tahun 2011





Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara atau yang biasa disingkat dengan SEA Games tahun 2011 ini direncanakan akan diselenggarakan di Indonesia yaitu pada tanggal 11-25 November 2011. Kota untuk penyelenggaranya ada dua Provinsi yaitu Palembang, Sumatera Selatan sebagai tuan rumah utama, serta Jakarta sebagai tuan rumah pendukung.

Dengan ditunjuknya Palembang sebagai tuan rumah utama, maka kota ini akan mencatatkan sejarah sebagai kota ketiga yang menyelenggarakan SEA Games di luar ibukota negara setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima, Thailand.

Palembang sendiri dipilih menjadi tuan rumah utama SEA Games XXVI berdasarkan keputusan Presiden RI yang menilai bahwa Palembang merupakan kota yang paling bersemangat untuk menjadi tuan rumah dengan disertai kesiapan fasilitas gelanggang olahraganya.

Pada awalnya pemerintah mengumumkan bahwa SEA Games 2011 akan digelar di empat provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, dan Sumatera Selatan. Namun, untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan mengurangi biaya operasionalnya, maka hanya dipilih 2 kota saja, yaitu Jakarta dan Palembang sebagai supporting host.

Upacara pembukaan dan penutupan akan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

Palembang menyelenggarakan 20 cabang olahraga dari 38 cabang olahraga dan sisanya sebagai tuan rumah pendukung yaitu Jakarta.

Acara pembukaan sendiri akan digelar pada tanggal 11 November 2011. Tanggal ini dipilih karena keunikan angkanya yang semuanya menunjukkan angka sebelas yaitu 11-11-2011.


Cabang Olahraga

SEA Games 2011 akan mempertandingkan berbagai nomor lomba dari 38 cabang olahraga.

1. Olahraga air (renang, menyelam, renang indah, polo air)
2. Panahan
3. Atletik
4. Bulu tangkis
5. Bisbol
6. Bola basket
7. Biliar dan Snooker
8. Boling
9. Tinju
10. Dayung/Kayak
11. Catur
12. Balap sepeda (trek, jalanan, sepeda gunung)
13. Olahraga dansa
14. Berkuda
15. Anggar
16. Sepak bola
17. Futsal
18. Senam
19. Judo
20. Karate
21. Kempo
22. Pencak silat
23. Angkat berat
24. Sepatu roda
25. Rowing
26. Berlayar
27. Sepak takraw
28. Menembak
29. Sofbol
30. Tenis meja
31. Taekwondo
32. Tenis
33. Balap perahu
34. Bola voli (indoor, pantai)
35. Panjat dinding
36. Angkat besi
37. Gulat
38. Wushu

Selain cabang olah raga di atas, Indonesia akan mempromosikan beberapa cabang olahraga lain sebagai eksibisi, seperti:

* Bridge
* Tarung drajat - seni bela diri tradisional Sunda

Panitia pelaksana telah memilih gambar burung garuda sebagai logo SEA Games 2011. Tiga warna yang mendominasi pada gambar tersebut, yakni biru, hijau, dan merah masing-masing punya makna tersendiri.

Biru menggambarkan lautan nusantara yang menyatukan segala perbedaan. Hijau menandai banyaknya gugusan pulau, hutan, dan gunung yang menyelaraskan. Sedangkan merah merupakan simbol bagi semangat membara untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Sementara itu, SEA Games 2011 akan mempertandingkan 44 cabang olahraga. Cabang-cabang olagraga ini dibagi dalam jumlah yang sama pada kedua daerah. Masing-masing Jakarta 22 cabor dan Palembang 22 cabor.

Venue Jakarta : Panahan, Bulutangkis, Boling, Kano, Sepeda, Equestrian, Anggar, Sepakbola dan Futsal, Judo, Karate-Do, Dayung, Layar, Taekwondo, Tenis Meja, Wushu, Kempo, Pencak Silat, Balap Perahu Tradisional, Paragliding, Vovinam, Golf.

Venue Palembang : Bisbol, Biliyar, Tinju, Sepak bola, Senam, Sepak Takraw, Menembak, Sofbol, Tenis, Voli dan Voli Pantai, Angkat Besi, Gulat, Catur, Fin Swimming, Petanque, Ski Air, Bridge, Roller Skate, Wall Climbing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar