Halaman

Minggu, 06 Februari 2011

Cara Mengurangi Insomnia



----------------------------------------------------------------------------------------------
Susah Tidur atau yang dalam bahasa kedokterannya di kenal dengan istilah Insomnia adalah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Menurut survey, rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim yaitu menyebutkan bahwa 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Insomnia atau susah tidur ini dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini mungkin disebabkan karena stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, dikatakan pula bahwa perempuan lebih sering menderita insomnia dibandingkan dengan laki-laki.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi serangan insomnia.

1. Olah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan olah raga yang teratur, kesehatan anda akan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul.

2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak di dalam perut akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara apabila minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.

3. Tidurlah dalam lingkungan dan keadaan yang nyaman bagi anda. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara hari kian larut.

4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang bisa membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga.

5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Dengan mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketegangan tubuh.

7. Hentikan menonton TV, membaca buku, atau main HP setidaknya sejam sebelum tidur.

8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

9.Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.

10. Jernihkan pikiran anda. Hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara nya adalah dengan menuliskan semua pikiran anda lewat media blog atau buku harian.

11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Inilah sedikit tips untuk mengurangi masalah tidur anda. Ingatlah bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Insomnia ini bukanlah penyakit bawaan dan dengan demikian tentu mudah untuk disembuhkan.

Apabila dengan langkah-langkah diatas anda masih belum berhasil mengatasi masalah tidur anda, maka segeralah anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari jalan keluarya. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar